Tulis & Tekan Enter
Logo
images

40 Kyai Pengasuh Pesantren se-Jawa Mengadakan Pertemuan di Pondok Junwangi

Tidak seperti biasa, tamu yang datang kali ini tidak sendiri atau datang bersama istri mereka. Biasanya kita sangat sibuk menyiapkan kedatangan tamu-tamu yang datang ke pesantren kami, karena selain mereka memang orang penting yang harus dimuliakan, juga bagi kami tamu adalah rizki. Kali ini begitu istimewa karena tamu yang datang adalah 40 Kyai Pengasuh Pesantren se-Jawa yang akan mengadakan Rapat Kerja di Pesantren kami, ini mengejutkan, selain jumlahnya, rata-rata tamu yang akan datang belum pernah menjenguk kami sebelumnya, jadi ini pandangan pertama ceritanya, pertaruhan bagi kami.

Selasa, 11 Desember 2018 adalah hari bersejarah bagi perjalanan pesantren kami, beberapa ruangan sudah mulai ditata, kamar mandi mulai dikuras dan diganti air yang baru, semua ustadz dan Ustadzah mondar-mandir untuk mobilisasi dan konsultasi dengan pembimbing panitia yang kebetulan dibimbing langsung oleh Pimpinan Pondok Junwangi Ust. H. Fahrizal Ischaq, Lc., M.FIl.I. Semua ruangan yang akan disinggahi oleh para Kyai kami siapkan dengan sangat maksimal, mulai kebersihan, kerapian bahkan kewangian, Jika dengan bahasa puisi, Pondok Junwangipun mulai bersolek menyambut para tamu yang mulia.

Terlihat dalam pertemuan tersebut KH.Dr. Zulkifli Muhadi, MM Ketua Forum Pesantren Alumni Gontor sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Pondok Pesantren Dakwah se-Indonesia, hadir pula dalam kesempatan ini KH.Dr. Sofwan Manaf, M.SI. Pimpinan PP. Darunnajah Jakarta yang memiliki 16 cabang se-Indonesia dan ada KH.Ikhwan Hadliyin, MA. dan KH.Anang Azharie Ali, MSI. Ketua dan Sekretaris Forum Kyai dan pengasuh Pesantren se-Banten yang berjumlahkan anggotanya 4.300 pesantren se propinsi Banten, kesemuanya hadir di Pondok Junwangi dalam suasana yang sangat akrab dan kekeluargaan.

Ruang Rapat Yayasan Pondok Junwangi dijadikan tempat Raker para Kyai yang mulia tersebut, dalam sambutannya Pengasuh Pondok Pesantren Modern al-Amanah Junwangi KH.Nurcholis Misbah sebagai tuan rumah memberikan sambutannya yang hangat kepada para peserta dan menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelayanan tim dari Pondok Junwangi ada yang kurang berkenan. Ucapan terima kasih disampaikan oleh Ketua Umum FPA Kyai Zul karena sudah menerima para Kyai yang datang dengan tangan terbuka dan sambutan yang sangat hangat acara berjalan sangat lancar, diskusi antar kyai juga semakin hangat hingga mendung dan hujan ringan menyumbang kehangatan suasana dalam agenda tersebut.

Selain membahas kerjasama antar pesantren, dalam agenda tersebut beberapa pesantren saling bertukar informasi tentang beasiswa santri mulai dari kedokteran China dari Darul Quran Jakarta hingga informasi Training Bahasa Inggris dan Arab di Islamabad Pakistan oleh Darunnajah yang diperuntukan kepada para pengasuh Pesantren di Indonesia. Menjadi penting pertemuan ini, karena santri di Indonesia termasuk di Junwangi menjadi mendapatkan banyak alternatif pilihan untuk melanjutkan minta pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi di kemudian hari, semoga agenda ini dan kedatangan 40 Kyai se pulau Jawa ini menambah keberkahan bagi keluarga besar pondok Junwangi di kemudian hari. Amin

 

 



Tinggalkan Komentar